Breaking News

Harga Iklan Google Ads / Google AdWords dan Cara Menghitungnya

Google Ads / Google AdWords adalah salah satu platform tempat untuk melakukan promosi bisnis melalui Google yang paling efisien dan menguntungkan saat ini. Harga iklan Google Ads / Google AdWords tentu saja tidak bisa diukur sembarangan terkait murah atau mahalnya. Karena, ada rumus tersendiri untuk menghitung perkiraan berapa biaya mengiklankan bisnis di Google Ads / Google AdWords.

harga-google-ads

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai perhitungan harga Google Ads / Google AdWords, ada baiknya jika Kamu terlebih dahulu mengetahui istilah penting dalam pemasangan iklan Google Ads / Google AdWords dan kesalahan pemasangan iklan Google Ads / Google AdWords yang harus Kamu hindari.

Hal Penting dalam Perhitungan Harga Iklan Google Ads / Google AdWords

Bagi Kamu yang penasaran dengan berapa biaya iklan untuk bisnis online menggunakan Google Ads / Google AdWords, berikut ini Kami jelaskan rumus hingga rincian biayanya. Selain itu, perhatikan juga beberapa poin penting dalam perencanaan iklan agar mudah dalam perhitungan biaya yang harus bayarkan untuk iklan Google Ads / Google AdWords.

Kata Kunci (Keyword)

Hal pertama yang perlu diperhatikan untuk mengetahui harga Google Ads / Google AdWords adalah pemilihan kata kunci. Setiap kata kunci memiliki harga yang berbeda. Semakin bagus kata kunci yang digunakan biasanya biaya pengiklanannya juga akan semakin mahal. 

Dengan kata lain, pilihan kata kunci yang memiliki tingkat volume pencarian tinggi dan berpotensi menduduki posisi teratas mesin pencari Google, maka harganya akan jauh lebih mahal dibandingkan dengan kata kunci biasa saja dengan tingkat persaingan yang rendah.

Pencarian Kata Kunci (Keyword)

Cara menghitung harga Google Ads / Google AdWords juga dipengaruhi oleh intensitas dan relevansi pencarian kata. Semakin tinggi intensitas pencarian keyword, maka akan semakin mahal harganya.

Pada saat yang sama, intensitas pencarian kata kunci yang tinggi akan membuat pemasangan iklan yang Kamu lakukan menjadi lebih efektif. Nah, penelusuran untuk kata kunci yang sering muncul di Google ini bisa menggunakan fitur tool dari UberSuggest.

Cara menggunakan UbberSuggest untuk mencari kata kunci (keyword) ini juga sangat mudah. Kamu tinggal memasukkan kata kunci, lalu pilih menu search. Jangan lupa untuk memilih filter Bahasa Indonesia. Setelah itu, nanti akan langsung muncul informasi terkait data volume pencarian dalam sebulan terakhir.

Misalnya saja Kamu memasukkan kata kunci “sepatu wanita”. Lihat pada gambar yang muncul, estimasi Volume penelusurannya sebesar 27.100 per bulan.

Biaya Per Klik (BPK)

Iklan di Google Ads / Google AdWords bisa diketahui dengan menyiapkan biaya per klik dari kata kunci yang disarankan oleh Google. Kamu juga bisa memanfaatkan tools yang paling mudah untuk digunakan, yaitu UberSuggest. 

Pada gambar yang sebelumnya, Kamu bisa melihat ke bagian kolom CPC. Di bagian kolom CPC tersebut akan terlihat hasil penelusuran “baju wanita” sebanyak Rp 1.319,16 CPC.

Ekspektasi CTR

Sampai pada tahap ini, Kamu belum bisa memastikan harga Google Ads / Google AdWords. Hal ini karena Kamu perlu melihat ekspektasi CTR. Click Through Rate atau CTR yang merupakan perbandingan antara jumlah klik terhadap jumlah tayangan iklan.

Rumus ekspektasi ini sebenarnya bebas karena CTR merupakan harapan Kamu pada hasil klik iklan Google Ads yang kamu jalankan. Jadi ketika iklan yang tayang sebanyak 100 kali, maka ketika ada pengunjung yang melakukan klik sebanyak 10 orang. CTR yang didapatkan adalah sebesar (10/100)*100%=10%. Ini jika Kamu menentukan ekspektasi CTR sebesar 10%.

Cara Menghitung Harga Iklan Google Ads (AdWords)

Kini sudah saatnya Kamu menghitung berapa biaya / harga iklan Google Ads / Google AdWords. Untuk rumusnya sendiri bisa Kamu simka di bawah ini:

Perkiraan anggaran iklan = volume penelusuran bulanan X biaya per klik X ekspektasi CTR. 

Jika dilakukan penghitungan, maka untuk estimasi anggaran iklannya yaitu:

Estimasi biaya iklan pada kata kunci “baju wanita” 
27.100 x 1319,16 x 10% =  Rp. 3.574.924.

Hasil di atas merupakan estimasi biaya iklan untuk periode 1 bulan saja, sedangkan untuk biaya iklan per hari, estimasinya adalah sebesar Rp. 119.164 / hari. 

Kesimpulan

Selain menggunakan Google Ads / Google AdWords, masih ada banyak jenis platform periklanan lainnya yang bisa Kamu gunakan dalam penerapan digital marketing strategist untuk bisnis Kamu. Beberapa jenis iklan yang lainnya yaitu:

  • Jenis iklan online yang perlu diketahui para pebisnis UKM.
  • CPA marketing dalam model periklanan untuk mendapatkan lebih banyak keuntungan.
  • Cara Menjalankan Iklan di Facebook Ads.
  • Pengaturan iklan pada Google Ads / Google AdWords.
  • Cara kerja iklan Google Ads / Google AdWords.

Itulah beberapa cara menghitung harga iklan Google Ads / Google AdWords dan beberapa jenis iklan lain yang bisa Kamu coba terapkan untuk mempromosikan bisnis yang Kamu miliki secara online. Tentunya cara ini adalah yang paling mudah dan paling sederhana dengan memanfaatkan tools dari UberSuggest. Jadi bagi Kamu yang ingin menghitung harga Google Ads / Google AdWords, maka Kamu bisa mempraktekkan cara yang ada di atas.

Type and hit Enter to search

Close