Breaking News

Harga Google Cloud Platform (GCP) Terbaru: Estimasi Biaya, Cara Menghitung, Hingga Perbandingan dengan Layanan Lainnya

Berapa harga Google Cloud Platform atau Google Cloud Pricing? Bagi Kamu yang sedang mencari cloud untuk perusahaan ataupun cloud for business, mungkin Kamu akan merasa penasaran sebenarnya berapa biaya cloud server atau biaya pakai cloud?

harga-google-cloud

Nah, pada artikel Kali ini Kami akan menjawab semua pertanyaan yang ada di benak Kamu tentang harga Google Cloud hingga perbandingannya dengan Cloud Server dan AWS dari Amazon. Simak selengkapnya berikut ini!

Apa itu Google Cloud?

Google Cloud Platform (GCP) adalah rangkaian layanan cloud publik yang ditawarkan secara langsung oleh para developer Google. Platform yang satu ini sejatinya diciptakan oleh Google sebagai cara agar tetap relevan di pasar teknologi.

Manfaat dari cloud sendiri sangat banyak, kelebihan Google Cloud juga dibandingkan cloud server atau provider cloud yang lainnya lebih unggul dalam banyak sisi. Salah satunya yaitu dari segi harga cloud server yang jauh lebih murah dan hemat. Kemudian, seperti apa gambaran biaya atau harga Google Cloud.

Keuntungan Pricing Menggunakan Cloud dari Google

Dari segi harga dan skema pembayaran atau pricing, Google Cloud Platform atau GCP ini memberikan banyak keuntungan bagi penggunanya. Salah satunya adalah harga terjangkau. Kamu juga hanya perlu membayar apa yang telah Kamu gunakan saja sesuai dengan kebutuhan. Google Cloud juga memiliki inovasi harga. Jadi, jika bisnis perusahaan Kamu menggunakannya untuk jangka waktu yang panjang atau berkesinambungan, maka Google Cloud juga menyediakan diskon atau potongan harga. Tentunya hal ini membuat biaya layanan menjadi lebih murah.

Sebagai salah satu mitra Google atau Google Partner Indonesia, disini Kami akan membantu Kamu menyesuaikan perusahaan dengan layanan Google Cloud. Misalnya saja kami akan memberikan rekomendasi kapasitas yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Kamu.

Jika kita lihat dari segi harga dari performasinya juga, cloud dari Google ini lebih unggul dari yang lainnya. Untuk harganya sendiri masih bisa bersaing dengan layanan cloud service dari pihak lain. Untuk jasa Compute Engine biasanya lebih murah 8% dari harga AWS. Google Cloud juga menawarkan infrastruktur yang lebih baik. Performansi dengan Google Cloud juga lebih cepat dan cerdas. Karena Google terus mengoptimalkan sistemnya menggunakan machine learning.

Pricing dari Google Cloud menawarkan banyak keuntungan bagi para pengguna layananya. Misalnya saja, memiliki berbagai jenis layanan yang lebih murah dibandingkan dari penyedia cloud yang lainnya. Selain itu, Google Cloud juga lebih hemat untuk pemakaian berjangka panjang.

Estimasi Harga Google Cloud Pricing Calculator

Kelebihan lain dari Google Cloud service adalah Kamu akan dibantu oleh Google Partner untuk memperkirakan biaya yang diperlukan dan disesuaikan dengan kebutuhan bisnis perusahaan Kamu. Estimasi ini dilakukan melalui Google Cloud Pricing Calculator.

Google Cloud Pricing Calculator ini dapat digunakan untuk memperkirakan berapa biaya yang diperlukan untuk kebutuhan perusahaan Kamu. Data yang ditampilkan juga dibagi menjadi beberapa bagian dari produk Google Cloud Platform lainnya, seperti estimasi harga Compute Engine, App Engine, Kubernetes Engine, Cloud Run, VMware Engine, Cloud Storage, BigQuery, dan sebagainya.

Bagaimana Cara Menghitung Harga Google Cloud Server?

Untuk mengetahui berapa harga cloud server di awal tentunya akan sangat membantu perusahaan Kamu dalam membuat rencana penggunaan cloud. Untuk Google cloud server Indonesia sendiri, bagaimana cara menghitung biayanya?

Berikut ini merupakan cara menghitung harga cloud server atau beberapa hal yang perlu Kamu masukkan dalam pertimbangan:

  1. Jumlah mesin
  2. Jenis sistem operasi
  3. Tipe mesin
  4. Lokasi datacenter
  5. Durasi server menyala per hari

1. Cara Menghitung Harga Google Cloud Server dengan Mempertimbangkan Jumlah Mesin

Jumlah mesin yang Kamu gunakan di server tentunya akan mempengaruhi berapa biaya yang perlu dibayarkan. Jumlah mesin ini juga ada kiat dalam pemilihannya. Barangkali Kamu membutuhkan sejumlah mesin dan di lain sisi Kamu juga bisa menghemat sejumlah mesin.

2. Cara Menghitung Biaya Google Cloud Berdasarkan Pemilihan Jenis Sistem Operasi

Pemilihan jenis sistem operasi atau OS juga akan ditanyakan ketika Kamu menggunakan alat hitung service cloud. Karena hal ini berbeda dengan sistem operasi dan juga akan beda dalam penerapannya.

3. Cara Menghitung Harga Sewa Google Cloud Berdasarkan Tipe Mesin

Biaya sewa Google cloud yang perlu dibayar juga bergantung pada tipe mesin yang dipilih untuk Kamu gunakan. Tipe mesin yang satu dengan yang lainnya, akan berbeda karakteristiknya.

4. Cara Menghitung Biaya Sewa Google Cloud dan Pengaruh Lokasi Datacenter

Lokasi datacenter yang lebih dekat dengan penggunanya juga tentu akan memberikan pengalaman memakai cloud yang lebih seamless. Untuk layanan dari Google Cloud sendiri, data center yang tersedia ada di berbagai bagian negara. Sehingga Kamu dapat memilih yang sesuai dengan cakupan area pengguna Kamu.

5. Cara Menghitung Harga Google Cloud Berdasarkan Durasi Server Menyala Per Hari

Kebutuhan perusahaan Kamu dengan perusahaan yang lainnya bisa saja berbeda. Dengan menggunakan cloud dari Google, maka Kamu tidak perlu menghidupkan server sepanjang waktu. Jika ada waktu tertentu pada saat server sedang tidak dibutuhkan, maka Kamu dapat mematikannya secara terjadwal. Hal ini sebagai salah satu cara menghemat biaya layanan Google Cloud.

Itulah beberapa cara menentukan biaya sewa dan harga Google cloud. Untuk lebih jelasnya, Kamu bisa bertanya secara langsung melalui online ke Partner dari layanan Google Cloud Partner Indonesia.

Perbandingan Harga Google Cloud - Cloud Server dan AWS dari Amazon

Sebagai contoh skenarionya, ketika perusahaan A sedang membutuhkan aplikasi mobile dengan sisi backend di cloud. Maka salah satu fitur utama aplikasi ini merupakan wadah berbagi gambar bagi penggunanya, dan setiap bulan ada sekitar 5 juta orang user aktif yang menggunakan aplikasi tersebut. Dalam contoh ini ada 4 komponen yang diperlukan, yaitu:

  • API frontend untuk menerima request dari device terkait aksi atau gambar yang diperlukan. Instance di API frontend ini bisa merespons sekitar 80 request per detik. Dalam skenario ini, kita akan memperkirakan ada 350 request setiap detiknya. Maka, disini kita perlu menyiapkan 4 (empat) regular instance untuk API frontend.
  • Kebutuhan frontend web sebagai media promosi. Untuk yang satu ini, kita perlu menggunakan dua instance.
  • Sebuah layer aplikasi yang berfungsi untuk menyimpan gambar ketika ada yang mengunggah serta memprosesnya pada saat diakses, maka diperlukan 4 (empat) instance untuk memproses gambar dan mengontrol storage.
  • Ada komponen di backend, yaitu Cassandra cluster sebagai penyimpan metadata operasional. Disini kita akan membutuhkan lima instance dengan memori tinggi sebagai pemroses.

Dengan kebutuhan API frontend 4 instance, web frontend 2 instance, layer aplikasi 4 instance, dan Cassandra cluster 5 instance. Berikut ini merupakan estimasi biaya per bulan dari harga Google Cloud dan Amazon Web Services.

Menggunakan Google Cloud Platform: USD 1,978.49.


Menggunakan Amazon Web Services: USD 3,992.41.


Diatas merupakan estimasi harga cloud server, baik menggunakan Google Cloud atau AWS. Dari estimasi harga tersebut, maka kita bisa melihat jika memakai Google Cloud Platform atau GCP, lebih murah 50% dibandingkan dengan AWS. Hal ini karena Google Cloud memberikan diskon untuk para pengguna sustainable. Diskon ini akan berlaku jika layanan instance digunakan untuk jangka panjang.

Sementara itu, jika kita lihat dari skenario yang ada diatas juga, harga cloud server dari Amazon atau AWS ini cenderung lebih mahal.

Harga Virtual Private Server (VPS) Hosting

Barangkali perusahaan Kamu juga membutuhkan hosting server secara VPS atau virtual private server. VPS ini salah satu bagian dari cloud server Indonesia yang bisa Kamu gunakan jika dibutuhakan.

VPS secara virtual environment seperti dedicated server yang ada di dalam server secara bersamaan. VPS ini merupakan bagian dari cloud server Indonesia yang aman, reliable, dan performansinya juga bagus.

Harga VPS Google juga cenderung lebih murah jika dibandingkan dengan harga cloud server yang lainnya.

Kelebihan Layanan Google Cloud

Server cloud dari Google saat ini telah hadir dekat dengan kita. Sebagai cloud Indonesia yang berlokasi di Jakarta, tentu akan semakin mumpuni dalam menunjang kebutuhan berbagai perusahaan. Selain itu, cloud service ini juga berlaku jika perusahaan perlu menjangkau customer atau tim luar negeri. Semuanya begitu mudah, cepat, serta aman. Contohnya saja kita bisa menggabungkan antara layanan VPS Indonesia dengan public cloud secara bersamaan sesuai dengan kebutuhan.

Perhitungan estimasi untuk scenario ini juga dilakukan untuk membandingkan: jika instance digunakan dalam jangka panjang dan dibayar di depan seperti harga AWS dibandingkan dengan sustainable diskon dari GCP, maka harga dari GCP lebih efisien karena tergantung kebutuhan.

Ada juga penghitungan estimasi untuk kasus ketika Kamu ingin mengubah desain infrastruktur, biasanya biaya penggantian sistem di Amazon cukup besar.

Selain itu, ketika kita tidak ingin kapasitas yang statis, hal ini juga di provide dengan baik oleh Google Cloud. Kamu bisa melakukannya dengan cara auto scaling secara efisien dari segi harga dan kemudahan. Dengan demikian, maka harga Google Cloud Platform jauh lebih hemat karena sesuai kebutuhan dan ada sustainable diskonnya juga.

Sebagai catatan, harga yang di estimasi oleh Google Cloud Pricing Calculator ini dapat digunakan sebagai acuan kisaran besar biaya yang perlu disiapkan. Harga tersebut tidak mengikat Kamu dengan pihak Google, dan kami sebagai Google Cloud Partner Indonesia.

Estimasikan kebutuhan cloud server Kamu sekarang juga!


Kami dapat membantu Kamu menentukan produk Google mana saja, baik itu untuk bisnis atau perusahaan Kamu. Kami disini juga membuka jasa migrasi server ke Google Cloud yang dapat membantu Kamu dalam memodernisasikan infrastruktur atau melakukan digital transformasi dengan menggunakan layanan Google Cloud.

Type and hit Enter to search

Close